Sunday, March 12, 2017

Proyek Underpass Tambun Selatan Riwayatmu Kini

Apa Kabar Proyek Underpass Tambun Selatan

Proyek pekerjaan underpass Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,  yang diharapkan selesai pada Maret 2017, diperkirakan molor lagi dan oleh warga tidak terlalu dirisaukan lagi, terutama mereka yang tinggal di sisi selatan Stasiun KA Tambun.“Masa bodo ah, mau kelar kapan kek, kalau ditunggu-tunggu malah jadi kesel sendiri,” ujar Kusnadi, 49, pemilik bengkel mobil di Desa Tridayasakti.Menurut dia akibat mangkraknya pembangunan underpass Tambun, langganan kabur, “Udah tiga tahun, langganan kabur, terpaksa mencari pelanggan baru,” tutur Kusnadi, yang ahli dalam perbaikan bodi mobil.

Saat ini proyek tersebut sedang melakukan pemasangan bagasting saluran di sisi kiri dan kanan jalan, diperkirakan sudah 80 persen rampung.

Sementara konstruksi jalan sudah siap dicor dan tembus underpass hingga ke utara Pasar Tambun. Proyek underpas sendiri sempat terhenti cukup lama dan sejak Agustus 2014 mulai ditutup untuk pekerjaan, “Mudah-mudahan selesai tepat waktu pada Maret nanti,” kata Evi Mutia, Kepala Sub bidang Tata Ruang dan Infrastuktur pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bekasi.

Menurut dia, proyek tersebut sempat mangkrak sejak Mei 2015 silam, lantaran pemerintah pusat gagal melakukan lelang, sehingga tahun ini kembali dilelang. Ia mengatakan, keberadaan proyek tersebut cukup vital, sebab selain akses menuju Stasiun Tambun, yaitu menuju Pasar Tambun maupun jalur pantai utara.

Otomatis jalur tersebut setiap hari cukup padat, apalagi tak lama kemudian kereta commuter line akan melintas. Sehingga, otomatis rawan terjadinya kecelakaan kereta. Menurut Evi, pemerintah telah membebaskan lahan seluas 1,2 hektar sebagai penunjang pembangunan underpass.

Lahan itu berada di sisi selatan dan utara rel kereta api yang notabene merupakan pemukiman warga. Pemerintah menghabiskan anggaran sebesar Rp 15 miliar pada APBD 2014 lalu. “Makanya cukup disayangkan bila sempat mandek,” kata dia.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Joice Hutajulu, membenarkan kalau proyek pembangunan underpass itu sempat mangkrak sejak 2015 silam. Namun, kata dia, tahun ini pembangunannya dilanjutkan. “Tahun ini dilanjutkan, mudah-mudahan akhir tahun selesai,” kata Warga.


No comments:
Write komentar

Terbaru

nline Care